Kamis, 21 Februari 2013

Cara Sharing Printer Lewat Jaringan

Cara Sharing Printer Lewat Jaringan

Mungkin diantara pembaca blog ini ada yang belum tau tentang bagaimana cara share printer lewat jaringan. Salah satu tujuan sharing printer lewat jaringan atau LAN ini adalah agar kita bisa menggunakan satu printer bersama-sama sehingga lebih ekonomis dan ter-manage. Baiklah, berikut tutorial singkat cara sharing printer lewat jaringan.

Misalkan printer sudah terinstal di salah satu komputer dengan nama komputer "RAIHAN".
  1. Pastikan firewall windows telah off atau masukan service File and Printer Sharing telah masuk (dicentang) pada Exception Windows FIrewall.
  2. Buka jendela Printer and Faxes dari start menu atau control panel.
  3. Klik kanan pada printer yang akan dishare, klik Properties atau langsung klik Sharing. Dalam contoh dibawah saya akan share printer Epson LQ2180

    cara share printer lewat jaringan
  4. Klik tab Sharing, pilih Share this printer, masukan nama untuk printer sharing tersebut. Setelah selesai klik OK.
Langkah selanjutnya adalah mensetting atau add printer tersebut di komputer yang lain.
  1. Klik Start - Run, ketik: \\[nama_komputer atau ip adddress komputer yang terinstal printer sharing]. Dalam contoh ini misalnya: \\RAIHAN
  2. Masukan username dan password Administrator komputer RAIHAN, apabila diperlukan.
  3. Akan muncul jendela Folder dan Printer sharing pada komputer RAIHAN, kemudian double klik pada printer sharing Epson LQ-2180.

    cara konek printer sharing
  4. Setelah selesai cobalah untuk mencoba test print ke printer tersebut.
Demikianlah salah satu cara saya untuk membuat dan menghubungkan printer sharing pada komputer yang terhubung lewat jaringan . Sebagai catatan, kalo user yang menggunakan printer sharing tersebut terlalu banyak (lebih dari 10 user) biasanya ada beberapa user yang tidak bisa ngeprint. Salah satu cara mengatasinya telah saya bahas dalam artikel cara mengatasi printer yang tidak bisa ngeprint.

0 komentar:

Posting Komentar