Rabu, 13 Februari 2013

Cara menyembunyikan disk partition


Setiap komputer sekarang ini biasanya sudah di partisi. Partisi atau pemotongan hardisk  dilakukan karena rata-rata media penyimpanan yang terlalu besar sampai 500 GB, di samping itu sebagai tempat backup untuk file atau data penting yang kita miliki, sewaktu kita mau memformat hardisk yang ada di drive C. 

Adapun penyembunyian disk partisi ini dilakukan agar data kita tidak di akses orang lain kalau komputer yang kita gunakan adalah komputer kantor atau komputer umum. Kalau saya pribadi saya gunakan untuk menjaga agar data yang ada di dalamnya agar tidak di seberangi virus, dan agar virus yang sudah terlanjur menjalar di dirve tersebut agar tidak keluar ke drive yang lain. Oke berikut langkah-langkah untuk menyembunyikan disk partisi..


1. Klik RUN yang ada pada start menu, atau tekan logo windows di keyboard bersamaan dengan tombol huruf "R". kemudian ketik DISKPART . contoh tampilannya seperti dibawah ini.
 2. Setelah tekan enter atau ok, anda bisa lihat isi volume komputer anda dengan mengetik LIST VOLUME, seperti terlihat pada gamabr berikut...
3. Setelah tampil semua daftar volume, Pilih volume atau drive yang mau di sembunyikan, misalkan drive D, dengan mengetik SELECT VOLUME 2, sehingga tampil tanda * pada drive yand dipilih. Untuk angka dua bisa anda ganti sesuai dengan volume ingin anda sembunyikan. contoh gambarnya sebagai berikut .

4. Apabila drive sudah dipilih dengan tanda *, maka drive tersebut sudah siap untuk di hapus. Dengan mengetik REMOVE LETTER D, sehingga muncul informasi "Diskpart successfully removed the drive letter or mount point."  Yang menandakan drive berhasil di sembunyikan, dan tidak akan tampil lagi di dalam windows explorer. Sekali lagi huruf D bisa di ganti sesuai dengan volume drive anda. contoh gambarnya..

Apabila sudah seperti gambar di atas maka volume 2 atau drive D sudah hilang atau telah di sembunyikan. Mudahkan cara menyembunyikan disk partition. Mungkin ada yang bertanya bagaimana dengan datanya apakah ikut hilang?, tenang saja, walaupun drivenya hilang tetapi data masih ada pada drive yang di sembunyikan. Terus bagaimana cara mengembalikan drive yang di sembunyikan ..? saya akan beritahu di bagian komentar, jika ada yang bertanya melalui komentar di postingan ini. ok.

0 komentar:

Posting Komentar